MKU (Madrasah Khoiriyatul Ulum) dalam naungan YAKUM (Yayasan Annur Khoiriyatul Ulum) Tegalharjo didirikan pada tanggal 8 September 1990 sebagai Madrasah yang tidak pernah meninggalkan pendidikan salafi dari pertama kali didirikan.
Madrasah Khoiriyatul Ulum termasuk lembaga tertua di daerah pati, tepatnya di Dukuh Galombo Desa Tegalharjo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati, yang juga berperan sebagai pusat pengembangan Ilmu Agama Islam di Tegalharjo dan sekitarnya yang menganut paham Ahlissunnah Wal Jama’ah.
Kantor Pusat MKU berlokasi di Dukuh Galombo RT 02 RW 02. Saat ini YAKUM mengelola 6 Unit dan 1 pesantren, yaitu unit TPQ, KB, RA, MI, MTs,MA, dan Pondok pesantren, jumlah anak didik yang semakin tahun semakin bertambah dengan jumlah yang signifikant dengan adanya sistem proses KBM yang selalu didasari dengan ilmu-ilmu salafi (kitab kuning), serta pengembangan ilmu pengetahuan umum dalam menyiapkan peserta didik yang siap pakai di era-nya.
Kantor Pusat MKU berlokasi di Dukuh Galombo RT 02 RW 02. Saat ini YAKUM mengelola 6 Unit dan 1 pesantren, yaitu unit TPQ, KB, RA, MI, MTs,MA, dan Pondok pesantren, jumlah anak didik yang semakin tahun semakin bertambah dengan jumlah yang signifikant dengan adanya sistem proses KBM yang selalu didasari dengan ilmu-ilmu salafi (kitab kuning), serta pengembangan ilmu pengetahuan umum dalam menyiapkan peserta didik yang siap pakai di era-nya.
Di MKU ini,siswa mendapatkan kesempatan yang luas untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi di bidangnya masing-masing dengan kegiatan ekstra-kurikuler dan ko-kurikuler yang didukung dengan peralatan modern dan teknologi informasi. Sebagai Madrasah yang tidak meninggalkan nilai-nilai salafi (kitab kuning), MKU selalu memberikan perhatian yang sangat besar terhadap kegiatan-kegiatan ekstra yang diwujudkan dengan upaya mendorong siswa untuk melakukan dan mengembangkan sains dan talent serta keilmuan mereka di MKU.
Agar seluruh kegiatan yang ada di semua unit berlangsung dengan baik dan membahagiakan, YAKUM mengarahkan penataan dan pengembangan infrastruktur fisik di lingkungan Madrasah pada prinsip perwujudan Madrasah yang “aman-nyaman-bersahaja”.
Prinsip ini mengisyaratkan sebuah lingkungan yang kondusif untuk proses pembelajaran dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan yang meyakinkan.
Prinsip ini mengisyaratkan sebuah lingkungan yang kondusif untuk proses pembelajaran dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan yang meyakinkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar